Tips Agar Lensa Tidak Terkena Jamur

Posted by it 29/03/2017 0 Comment(s)

Seringkali yang punya kamera dikeluhkan dengan adanya jamur di dalam lensa. Ketidaktahuanlah yang menyebabkan jamur dalam lensa. Memang untuk menghilangkan jamur biasanya dengan di cleaning dengan biaya yang cukup merogok kantong anda, apalagi yang sudah punya kamera dengan harga yang sangat mahal. Apabila jamurnya sudah lekat banget maka harus di fogging dan itupun masih bersih sempurna.

Nah biar kamera anda tidak berjamur lagi, kali ini kami akan memberikan TIPS AGAR LENSA TIDAK TERKENA JAMUR.

 

 

Beberapa yang bisa anda lakukan dengan peralatan yang ada :

  1. Silica Gel

Apa itu silica gel? Silica gel yaitu seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silika dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Walaupun dinamakan gel silika, bentuknya adalah padat. Silika gel adalah mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik. Sebagai pengering, ia memiliki ukuran pori rata-rata 2,4 nanometer dan memiliki afinitas yang kuat untuk molekul air. Silika gel mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebih. Karena itu silika gel umum digunakan dalam setiap pengiriman barang-barang yang disimpan dalam kotak. Silica gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan obat-obatan, bahan sensitif, elektronik, bahkan makanan sekalipun.

 

 

  1. Dry Box

Dry Box adalah  kotak kedap udara yang biasa dipakai untuk menyimpan dan menaruh beberapa silica gel.

 

 

Saran kami apabila membeli drybox di usahakan juga kita tau cara pakainya, biasanya drybox dilengkapi gel khusus yang dilengkapi indikator warna untuk mengetahui kandungan air dalam gel. Angka sekitar 40 – 50 % RH (relative humidity, kelembapan relatif) adalah ideal bagi kamera dan lensa.

Jangan menyimpan lensa atau kamera dengan suhu yang panas karena bisa mengakibatkan sensor kamera rusak dan lensa bisa menjadi pecah. Aturlah suhu yang biasa dipakai untuk menyimpan kamera ataun lensa anda.

 

  1. Dry Cabinet

Hampir sama dengan dry box tetapi untuk drycabinet tidak harus men-charge ulang silica gel, anda cukup menyalakan dry cabinet dan atur suhunya. Hanya saja untuk drycabinet harus tetap menyala.

Untuk suhu dalam dry cabinet tetap sama yaitu angka sekitar 40-50% RH.

 

 

Sekian ulasan dari kami semoga bermanfaat. 

 

Leave a Comment